Rabu, 14 Oktober 2009

Archos 705 dengan Layar Ekstra Lebar

Peranti hiburan digital sedang bervolusi. Awalnya peranti tersebut hanya bisa untuk mendengarkan musik, kemudian berkembang sehingga bisa digunakan menyimpan foto, memainkan video klip pendek dan menonton film. Bahkan kini, penikmat hiburan menuntut semua fungsi tersebut tersedia dalam peranti digital.

Tuntutan itu otomatis mengubah spesifikasi sebuah peranti hiburan multimedia digital. Kapasitas penyimpanan tak bisa cuma 4GB, 5GB atau 10GB. Baterainya harus tahan lama, suaranya tetap oke baik melalui headphone atau speaker internal.

Selain itu, ukuran layar juga semakin lebar, layar 2,5 inci, 3.5 inci atau 4 inci rasanya tidak cukup. Layar berukuran kecil atau sedang memang cukup untuk menonton video klip pendek, tapi untuk menonton film atau membaca e-book? Lama-lama mata bisa minus.

Bicara layar, seberapa lebar layar peranti hiburan digital yang Anda miliki saat ini? Kalau Anda merasa memiliki peranti dengan layar paling lebar, siap-siap gigit jari. Layar Archos 704 Wifi ini berukuran 7 inci dengan resolusi 800x400 piksel. Bukan sembarang layar, melainkan layar sentuh sehingga memudahkan navigasi menu melalui stylus.

Sepintas, ukuran layar 7 inci terkesan tidak praktis untuk dibawa-bawa. Memang dari sisi mobilitas Archos 704 masih kalah dibandingkan peranti multimedia yang lain. Kelebihan Archos 704 adalah dari sisi kualitas menikmati hiburan digital, terutama menonton film dan membaca e-book berformat PDF. Sayangnya belum ada aplikasi khusus untuk membaca e-book selain PDF reader.

Peranti ini cocok menemani Anda melewati kemacetan lalu lintas, menunggu pesawat di bandara, atau di sela-sela kesibukan kantor. Baterainya bisa memainkan musik sampai 25 jam dan 5,5 jam menonton film.

Dibandingkan laptop, Archos 704 lebih praktis, tidak perlu menunggu proses boot-up yang kadang-kadang memakan waktu sampai lima menit, belum termasuk membuka aplikasi hiburan. Singkatnya, peranti ini cocok untuk penikmat hiburan yang lebih menginginkan kualitas ketimbang mobilitas. Untuk mereka yang memerlukan perpaduan keduanya, Archos menyediakan seri 604, 504 dan 404.

Dari sisi disain, Archos ini dibalut warna metalik perak dengan sudut-sudut tajam. Sepertinya fungsi lebih penting dibandingkan estetika. Ini memang ciri khas dan filosofi produsen asal Prancis ini sehingga harga pun lebih terjangkau. Tapi bukan berarti kemampuannya terbatas, fungsi-fungsi tambahan baik komponen peranti keras atau peranti lunak tersedia sebagai aksesoris.

Koneksi Nirkabel

Archos 704 ini dilengkapi koneksi nirkabel Wi-Fi sehingga bisa digunakan berselancar di Internet. Mencari hotspot dan mengatur koneksi Wi-Fi dilakukan dengan mudah. Anda langsung bisa terkoneksi ke Internet dan berselancar atau mengunduh melalui browser Opera.

Selain fungsi untuk menikmati hiburan Archos 704 ini juga bisa ‘menangkap’ hiburan dari TV atau DVD lewat DVR Station atau DVR Travel Adapter. Kapasitas hard disknya besar dengan pilihan 40GB atau 80GB. Fungsi digital video recorder (DVR) ini dilengkapi dengan remote control dan bisa diatur untuk merekam siaran TV secara otomatis.

Menurut spesifikasinya, peranti ini bisa memainkan video format MPEG-4, AVI, WMV9, dan WMV. Walaupun tak mengantongi sertifikasi DivX, format ini bisa dimainkan dengan baik. Alat ini bisa memainkan format MP3, WMA, subscription WMA dan WAV. Mendukung album art, bookmark (sama seperti videonya), membuat playlist mencari file melalui ID3 Tag dari ARC Library.

Untuk foto, peranti ini akan menampilkan gambar dalam mode thumbnail yang akan diperbesar ketika Anda melewatinya. Ada juga fasilitas slideshow dan zoom, sangat baik sebagai peranti untuk melihat hasil foto. Archos 704 ini bisa juga digunakan menyimpan gambar-gambar kedokteran seperti hasil USG.

Terakhir, Archos 704 juga bisa menjadi sarana backup data yang aman karena di dalamnya menggunakan hard disk. Ketika disambungkan ke PC, peranti ini bisa diatur sehingga menjadi hard disk eksternal biasa.

Kelebihan

  • Layar besar tujuh inci
  • Kapasitas baterai cukup untuk nonton 2-3 film
  • Ada PDF reader untuk membaca e-book
  • Navigasi mudah melalui stylus dan touch screen
Kekurangan
  • Cukup berat
  • Aksesoris lain seperti DVR dijual terpisah
  • Resolusi layar sebenarnya bisa dimaksima


Tidak ada komentar:

Posting Komentar